Pasien yang terkena virus cacar monyet.(Foto: CDC Public Health Image Library) (ant)
Pasien yang terkena virus cacar monyet.(Foto: CDC Public Health Image Library) (ant)

Kemenkes Bersiaga Penyebaran Cacar Monyet Masuk Indonesia

Nasional Cacar Monyet
Marcheilla Ariesta • 16 Mei 2019 03:06
Jakarta: Kementerian Kesehatan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) bersiaga penyebaran penyakit cacar monyet (monkeypox). Penyakit ini ditemukan pertama di Singapura negara tetangga terdekat Indonesia.
 
"Yang paling dekat dengan Singapura adalah Batam. Jadi kami mengimbau Dinkes dan UPT Kemenkes di sana untuk waspada. Terutama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang menjadi pintu keluar masuk warga negara Singapura," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Dari keterangan Kementerian Kesehatan Singapura, terkonfirmasi kasus pertama cacar monyet atau monkeypox 9 Mei lalu. Penyakit ini menjangkit warga negara Nigeria yang sedang berkunjung ke Singapura. Dia dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut pada 8 Mei 2019. Yang bersangkutan telah dikarantina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kewaspadaan ini harus dilakukan, mengingat posisi Singapura dekat dengan Indonesia," ujarnya.
 
Berdasarkan data Sistem Karantina Kesehatan (Sinkarkes), dari Januari hingga 10 Mei 2019, kapal Singapura yang datang ke Indonesia mencapai 18.176 unit. Selain itu, penerbangan dari Singapura juga relatif cukup banyak sehingga kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit cacar monyet cukup besar.
 
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di daerah diminta menyebarluaskan informasi potensi penyebaran cacar monyet kepada masyarakat. Pengawasan intensif dan ketat wajib dilakukan kepada kru dan pelaku perjalanan dari Singapura, serta negara-negara Afrika Barat dan Afrika Tengah.
 
KKP perlu mewaspadai gejala-gejala penyakit ini. Terutama mereka yang terdeteksi demam atau sakit. Serta meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan alat angkut untuk memastikan bebas hewan pengerat, seperti tikus.
 
Rumah sakit dan Puskesmas juga diminta untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakt mengenai penyakit cacar monyet. Antisipasi penyebaran dengan selalu menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan saat beraktivitas di luar ruangan.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif