NEWSTICKER
LRT didisinfektan. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
LRT didisinfektan. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

Transportasi Publik Wajib Disemprot Disinfektan 3 Kali Sehari

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 18 Maret 2020 14:35
Jakarta: Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Brian Sri Prahastuti meminta transportasi publik disemprot disinfektan tiga kali sehari. Ini merujuk protokol transportasi publik yang dikeluarkan Pemerintah Pusat.
 
"Perhatikan jam sibuk serta beri perhatian lebih terhadap area di dalam kendaraan yang sering dipegang. Misalnya, handle pintu, pegangan tangan, atau sandaran kursi," kata Brian di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Brian meminta kendaraan umum menyediakan cairan pembersih tangan dan masker muka. Ini untuk mengantisipasi apabila terjadi keadaan khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengelola transportasi publik juga diminta menyediakan materi edukasi perilaku pencegahan penularan covid-19 yang mesti dilakukan setiap individu. Materi diperuntukkan bagi penumpang, petugas, atau pengelola.
 
(Baca: KRL Rutin Disemprot Disinfektan)
 
Dia mencontohkan imbauan kepada orang sakit terutama dengan gejala infeksi saluran napas, seperti demam, batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan agar tidak menggunakan transportasi publik. Lalu, edukasi etika batuk dan bersin yang benar, pembiasaan cuci tangan pakai sabun dengan tata cara yang benar, dan promosi hidup bersih dan sehat.
 
"Pengelola juga wajib memastikan area sekitar transportasi publik seperti stasiun, terminal, hingga bandara secara ketat dengan cara deteksi suhu tubuh dengan thermal gun atau thermal scanner," tutur Brian.
 
Para penumpang dan pengelolaan juga harus diedukasi terkait jarak aman. Serta, edukasi menjaga kebersihan area publik dan melakukan disinfektan pada area yang potensial menularkan virus, seperti lift, tombol lift, dan pegangan tangan.
 
"Kemudian, menyediakan hand washing station dengan air mengalir dan pengering serta tempat sampah yang bersih," papar dia.
Transportasi Publik Wajib Disemprot Disinfektan 3 Kali Sehari
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif