NEWSTICKER
Sosialisasi perluasan sistem ganjil-genap. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
Sosialisasi perluasan sistem ganjil-genap. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

Polantas Diperkuat Antisipasi Kemacetan Imbas Peniadaan Ganjil Genap

Nasional sistem ganjil genap
Siti Yona Hukmana • 18 Maret 2020 11:30
Jakarta: Polisi lalu lintas diperbanyak untuk mengurai kemacetan akibat peniadaan sistem ganjil genap. Sistem ini disetop sementara sejak Senin, 16 Maret 2020.
 
"Kita akan tambah anggota di titik-titik kemacetan dengan menggeser ke titik lain yang volume lalu lintasnya menurun," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Sambodo mengatakan kepadatan banyak terjadi sejak ditiadakannya ganjil genap. "Kepadatan ada di beberapa titik di jalan protokol, jalan tol dalam kota terutama pagi dan sore hingga malam," kata Sambodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sambodo akan mengevaluasi kebijakan peniadaan ganjil genap itu. Kajian dilakukan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
 
"Kita akan evaluasi kebijakan meniadakan ganjil genap tersebut," ujar Sambodo.
 
Baca: Peniadaan Ganjil Genap Disebut Biang Kemacetan Jakarta
 
Peniadaan ganjil genap bertujuan agar masyarakat beralih dari angkutan umum ke angkutan pribadi. Dengan demikian penularan virus korona bisa diminimalkan.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona sebagai pandemi global. Virus pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok.
 
Virus korona menginfeksi 182.424 ribu orang dari 100 negara dan menyebabkan 7.155 kematian. Sebanyak 79.433 orang dinyatakan sembuh.
 
Di Indonesia 172 orang terkonfirmasi terjangkit virus korona. Tujuh orang meninggal dunia, sembilan orang sembuh, dan 156 orang masih dirawat.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif