Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

27 Sampel Darah WNI Terindikasi, Negatif Virus Korona

Nasional virus korona
Kautsar Widya Prabowo • 03 Februari 2020 13:55
Jakarta: Kementerian Kesehatan mengambil 34 sampel darah dari pihak-pihak yang diduga terjangkit virus koronayang berasaldari Indonesia. Hasil pemeriksaan seluruhnya negatif.
 
"Terdiri atas 27 WNI (warga negara Indonesia) dan 7 WNA (warga negara Asing)," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.
 
Terawan menjelaskan pengambilan sampel darah dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Pusat Kesehatan Kementerian Kesehatan. Terawan memastikan kerja lembaga ini terjamin akurat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Puslitbang Biomedis Balitbangkes merupakan sebuah laboratoruim BSL3 (Biosafety Level 3) yang terakreditasi oleh WHO. Kit-kit untuk virus ini juga kita sudah punya sejak Desember 2019," papar dia.
 
Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Hubei, Tiongkok itu telah menjangkiti 17.384 orang dengan jumlah kematian 362 jiwa. Sejumlah negara di sekitar Indonesia telah melaporkan kasus ini, seperti Filipina, Malaysia, dan Singapura. Filipina melaporkan satu kematian terkait wabah virus korona.
 
Wabah virus korona memicu kekhawatiran global karena dinilai mirip SARS. Namun, Komisi Kesehatan Tiongkok menyebut virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) berbeda dengan SARS.
 
Virus menular saat masa inkubasi, bukan ketika pasien menunjukkan gejala penyakit. Beberapa gejala umum dari SARS dan nCoV meliputi batuk, demam, dan sesak napas.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif