Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tokoh Masyarakat Harusnya Menjadi Teladan Penerapan Protokol Kesehatan

Nasional Virus Korona Rizieq Shihab pandemi covid-19 protokol kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 17 November 2020 11:29
Jakarta: Tokoh masyarakat berperan dalam upaya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Mereka diminta menjadi teladan yang baik bagi masyarakat, khususnya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
 
Ini disampaikan Trubus menanggapi pelanggaran protokol kesehatan oleh kerumunan massa yang menjemput kepulangan Rizieq di Bandara Soetta. Kemudian, kerumunan massa Rizieq di Petamburan dan Bogor, termasuk resepsi pernikahan putri Rizieq.
 
"Seperti Pak Rizieq ini kan orang yang dihormati, punya magnet, harusnya memberikan keteladanan," kata pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, kepada Medcom.id, Selasa, 17 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Trubus, para tokoh bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Keteladanan yang baik diyakini meningkatkan kedisiplinan masyarakat.
 
Dia menyebut disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah kunci utama memutus penyebaran covid-19. Salah satunya, dengan disiplin 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.
 
Baca: Polri Pastikan Tak Pandang Bulu Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan
 
Di sisi lain, Trubus menilai ada cara lain menghindari bahaya korona, yakni dengan vaksin covid-19. Sayangnya, belum ada titik terang terkait vaksinasi.
 
"Jadi mau pakai apa lagi, ya sekarang yang dituntut kedisiplinan masyarakat," kata dia.
 
Dia mendukung jika pemerintah mengetatkan penerapan protokol kesehatan. Sebab, covid-19 masih ada dan mengancam keselamatan masyarakat.
 
"Menurut saya memang harus diperketat lagi saja penanganan protokol kesehatan itu. Supaya tidak menjadi bumerang di kemudian hari," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif