Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Satgas Akui Perlu Upaya Ekstra Ingatkan Masyarakat Bahaya Covid-19

Nasional Virus Korona PSBB
M Iqbal Al Machmudi • 02 Oktober 2020 04:31
Jakarta: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menilai butuh kerja ekstra memberikan pemahaman bahaya virus korona yang dapat menyerang siapa pun tanpa pandang bulu. Pemahaman mesti diberikan sampai ke pengetahuan soal virus korona.
 
"Perlu upaya keras untuk melakukan pencegahan ini," kata Dokter Spesialis Bedah Orthopaedic dan Traumatologi, Norman Zainal, saat dialog virtual bertajuk 'Pencegahan Covid-19: Beda Masyarakat, Beda Strategi?' yang diadakan Satgas Penanganan Covid-19, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Dia menjelaskan karakteristik covid-19 ialah virus yang tidak terlihat, tidak berbau, tidak bersuara, dan tidak terdeteksi dengan indera manusia. Sehingga, masyarakat perlu disadarkan musuh bersama saat ini tidak terlihat, terdengar, dan tidak terdeteksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Virus itu ukurannya kecil sekali, ukuran virus itu di tingkat nanometer, virus ini ukurannya 125 nanometer. Jadi nanometer itu 1:1 miliar meter, sehingga baru bisa terlihat di mikroskop elektron," papar Norman.
 
Dia menuturkan penularan virus lewat manusia. Hal ini membuat tingkat kesulitan tinggi.
 
Norman menuturkan masyarakat juga perlu disadari meski droplet berukuran kecil, tetapi memiliki bobot yang dapat turun ke bawah. Sehingga rawan terkena alas kaki, dan sangat mungkin terkena anggota tubuh.
 
"Penularan covid ini akan turun drastis apabila masyarakat yakin bahwa ada yang perlu dijaga yakni mulut dan hidung," tutur dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif