Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi vaksin virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal

Eijkman Optimistis Bibit Vaksin Merah Putih Rampung Maret 2021

Nasional Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19
Sri Yanti Nainggolan • 21 November 2020 12:37
Jakarta: Vaksin Merah Putih terus dikembangkan walau kemajuan penelitian laboratorium belum bergeser dari 55 persen. Namun, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman optimistis bibit vaksin covid-19 buatan Indonesia itu selesai pada kuartal pertama 2021.
 
"Inshaallah tetap bisa memenuhi target penyerahan bibit vaksin ke Bio Farma pada Maret 2021," ujar Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 November 2020.
 
Amin menyebutkan saat ini Eijkman dalam tahap mengoleksi protein rekombinan dari sel sistem ekspresi. Vaksin telah diuji ke sel mamalia dan sel ragi. Jika hasil protein rekombinan stabil, uji coba dilanjutkan kepada hewan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Survei: 64,8% Warga Siap Divaksinasi, Hanya 35% Mau Membayar
 
Sebelumnya, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek Ali Ghufron Mukti menyebutkan bahwa pengembangan vaksin Merah Putih membutuhkan waktu panjang. Eijkman berfokus pada faktor keamanan dan efektivitas.
 
"Jadi, memang ada yang ditargetkan akhir 2020, atau awal 2021 itu akan selesai," ujar dalam diskusi virtual, Rabu, 18 November 2020.
 
Selanjutnya, proses praklinik, uji klinis fase satu hingga tiga. Berikutnya penerbitan Emergency Use Authorization atau izin pemakaian darurat dari BPOM yang dilakukan sepanjang 2021.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif