Takmir masjid usir jemaah karena memakai masker (Instagram @peristiwa_sekitar_kita)
Takmir masjid usir jemaah karena memakai masker (Instagram @peristiwa_sekitar_kita)

Jubir Wapres: Ormas Islam Harus Turun Tangan Beri Pemahaman Bermasker saat Salat

Nasional media sosial ormas Masjid Wapres covid-19 pandemi covid-19 protokol kesehatan
Patrick Pinaria • 04 Mei 2021 18:34
Jakarta: Salah satu masjid di Bekasi, Al Amanah sedang menjadi sorotan. Masjid tersebut banyak diperbincangkan karena muncul insiden pengusiran warga yang memakai masker saat hendak salat.
 
Juru bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, sangat menyayangkan kejadian larangan masker saat salat. Agar kejadian tak terulang, Masduki mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) agama Islam bisa memberikan pengertian pemakaian masker di kondisi pandemi menjadi bagian dari pemahaman agama. Sebab, ini menjadi tanggung jawab bersama ormas Islam.
 
"Ini tanggung jawab kita semua, ya MUI, ormas-ormas keagamaan seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, juga Dewan Masjid (Indonesia), bagaimana supaya ada jejaring kuat, saling memberikan pengertian bahwa memakai masker di kondisi pandemi ini adalah bagian dari pemahaman agama," kata Masduki di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu tanggung jawab kita semua, saya sebagai ketua MUI harus lebih intensif berkoordinasi ke bawah, ke MUI-MUI daerah, bagaimana mereka mengonsolidasi kader-kadernya untuk mengisi kegiatan," tambahnya.
 
Kejadian pengusiran warga di masjid Al Amanah ini terekspos lantaran terekam dalam sebuah video. Kemudian, video tersebut pun akhirnya disebarkan ke media sosial.
 
Salah satunya disebarkan oleh akun Instagram @peristiwa_sekitar_kita. Dalam video tersebut, terlihat tiga orang melingkari satu orang yang memakai masker. Mereka saling berdebat karena merasa paling benar.
 
Salah seorang takmir pun menjelaskan bahwa aturan di masjid tersebut dilarang memakai masker. Bahkan, meyakinkan bahwa masjid itu aman dari virus korona (covid-19) dengan mengutip ayat Alquran surat Ali-Imran ayat 96.
 
Meski demikian, permasalahan pengusiran jemaah di Masjid Al Amanah pun akhirnya berhasil diselesaikan dengan damai. Pihak pengurus masjid dan warga yang diusir sudah saling memaafkan.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif