Surya Paloh Puji Sikap Jokowi Tolak Pengakuan Trump
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh - Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengapresiasi kecaman Presiden Joko Widodo terhadap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sikap Jokowi dinilai tegas dan tepat.

"Saya cukup berbesar hati pemerintah Indonesia dalam hal ini Presiden Jokowi telah mengambil sikap yang cukup jelas dan tanggap," kata Surya di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis 7 Desember 2017.

Surya mengatakan, sikap Jokowi telah mewakili keinginan masyarakat Indonesia. Termasuk Partai NasDem.


"Paling tidak upaya-upaya ini menggambarkan ada semangat, kesatuan pandangan di antara kita dalam negeri ini, dalam melihat kebijakan yang telah diambil oleh Presiden AS," ucap dia.

Baca: Jokowi Desak PBB Sikapi Pengakuan Trump terhadap Yerusalem

Surya meyakini sikap pemerintah dan bangsa Indonesia tidak akan berhenti di sini. Dia juga optimis akan ada upaya konkret dari pemerintah bersama negara lain terkait hal ini.

"Paling tidak ada upaya segera melakukan pertemuan tingkat tinggi OKI luar biasa. Itu saya pikir karena Indonesia juga anggota OKI. Itu sebuah inisiatif yang cukup baik," ujar Surya.

Surya dengan tegas menyatakan kecewa dengan kebijakan Trump tersebut. Keputusan Trump jelas merusak upaya-upaya perdamaian di Timur Tengah.

"Kita pasti menolak dan menentang. Karena itu melukai semangat dan upaya yang terus-menerus diupayakan oleh masyarakat dunia untuk tercapainya perdamaian di sana," tandas dia.





(MBM)