Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam apel pengamanan sidang sengketa pemilu di MK - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam apel pengamanan sidang sengketa pemilu di MK - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

33 Ribu Personel Gabungan Amankan Sidang Sengketa Pemilu

Nasional pilpres 2019 Sidang Sengketa Pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 13 Juni 2019 12:15
Jakarta: Sebanyak 33 ribu personel gabungan TNI-Polri bakal mengamankan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Pasukan pengamanan yang berjaga saat aksi 21-22 Mei 2019 turut diterjunkan.
 
"Pasukan yang ada di Polri lebih kurang 17 ribu. Kemudian Bapak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyiapkan pasukan lebih kurang 16 ribu," kata Tito di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Tito menjelaskan personel Brigade Mobil (Brimob) dan Samapta Bhayangkara (Sabhara) tidak dipulangkan sejak mengamankan aksi 21-22 Mei 2019. Mereka akan bergabung bersama pasukan Mabes Polri dan Polda Metro Jaya mengamankan sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Personel yang dari daerah-daerah saya tidak pulangkan, sudah 1,5 bulan di sini (Jakarta)," beber Tito.
 
(Baca juga:Keluarga Sembilan Hakim MK Dapat Jaminan Keamanan)
 
Eks Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri itu memastikan pihaknya juga akan bersiaga bila dimungkinkan adanya perkiraan tetap intelijen (kirtap). Kirtap nantinya juga akan memantau apabila terjadi pergerakan massa yang ingin menyuarakan aspirasi.
 
"Kirtap intelijen kita lakukan setiap hari. Jadi komunikasi intelijen tiap hari untuk melihat apakah ada gerakan massa," ucap Tito.
 
MK menggelar sidang pendahuluan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres pada Jumat, 14 Juni 2019. Sidang pemeriksaan digelar pada periode 17-21 Juni. Sedangkan sidang putusan digelar pada 28 Juni 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif