Kebakaran di permukiman di sekitar Stasiun Manggarai. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Kebakaran di permukiman di sekitar Stasiun Manggarai. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Korban Kebakaran Mengais Harapan di Sisa Puing Bangunan

Nasional kebakaran
Candra Yuri Nuralam • 11 Juli 2019 07:56
Jakarta: Warga korban kebakaran di mendatangi kediamannya di Jalan Lebak Swadaya I, RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel). Mereka mengais sisa-sisa puing bangunan rumahnya.
 
Tatang, salah seorang korban, masih berharap ada barang-barang dan dokumen yang tersisa. Dia dengan teliti memindahkan puing kayu di rumahnya yang hangus terbakar. Dia berharap ada barang berharga yang masih bisa digunakan.
 
"Lagi nyari, masih harap surat atau apa gitu yang selamat," kata Tatang saat ditemui Medcom.id di lokasi, Kamis, 11 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tidak sempat membawa banyak barang berharga saat api melahap kampungnya kemarin. Tatang panik sehingga hanya membawa barang yang bisa dilihat saja.
 
"Saya cuma bawa tas yang isinya berkas itu juga enggak semua. Sama TV karena kecil jadi kepikiran bawa," ujar Tatang.
 
Hasil mengais puing yang dia lakukan ternyata nihil. Semua barang yang tidak terbawa di rumahnya, yang dekat dengan Stasiun Manggarai itu, ludes terbakar.
 
"Yang saya temukan cuma yang baju atau tas setengah kebakar. Enggak bisa dipakai lagi," tutur Tatang.
 
Sama halnya dengan Tatang, Ridho, juga melakukan hal yang sama. Pagi ini, dia mendatangi rumahnya dengan harapan ada barang penting yang selamat.
 
Namun, harapannya kandas. Setelah mengais puing sejak subuh, dia hanya melihat abu dari bekas barang di rumahnya yang terbakar. "Habis terbakar semua mas," ujar Ridho.
 
Camat Tebet Dyan Airlangga sempat mengungkapkan sebanyak 150 rumah warga di RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman, hangus karena kebakaran, Rabu, 10 Juli 2019. Api meratakan rumah warga dengan tanah.
 
Baca: Lahan Permukiman Terbakar di Manggarai Milik KAI
 
"Saat ini data sementara yang bisa kita kumpulkan ada kurang lebih 300 KK (kepala keluarga) yang terdampak," kata Dyan di salah satu lokasi pengungsian, SDN Manggarai 05, Tebet, kemarin.
 
Dyan mengatakan kebakaran di Jalan Lebak Swadaya itu menghanguskan ratusan rumah nonpermanen. "Jadi rumah kecil-kecil, bawahnya tembok, atasnya kayu," beber dia.
 
Terkait kebakaran itu tiga orang mengalami luka ringan akibat jatuh dari genteng di ketinggian 1,5 meter. Mereka terpleset ketika membantu memadamkan api.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif