Sejumlah kendaraan melintas Jalan Gubernur Ahmad Bastari Palembang yang diselimuti kabut asap di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu, 23 Oktober 2019. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Sejumlah kendaraan melintas Jalan Gubernur Ahmad Bastari Palembang yang diselimuti kabut asap di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu, 23 Oktober 2019. Foto: Antara/Nova Wahyudi

1.000 Petugas Diterjunkan di Lokasi Karhutla Palembang

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Kautsar Widya Prabowo • 25 Oktober 2019 18:26
Jakarta: Pemerintah menurunkan petugas untuk ikut memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Mereka berasal dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
"Saat ini sudah kurang lebih 1.000 personel gabungan untuk melakukan pemadaman kebakaran di sana," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes Asep Adi Saputra di Gedung Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), Jakarta Selatan, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Menurut dia, saat ini proses pemadaman difokuskan pada Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI). Langkah ini diambil agar api dan asap dapat lebih tertangani dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Dinas Kehutanan Sumsel, Jumat, 25 Oktober 2019, ada 1.297 titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan di Sumsel. Titik panas tersebar di 15 kabupaten, paling banyak di OKI sebanyak 867 titik, disusul Musi Banyuasin 122 titik, dan Banyuasin 81 titik.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan baru turun di Sumsel pada awal November. Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan terus berupaya memadamkan karhutla dalam dua pekan terakhir, termasuk mengerahkan helikopter pengebom air dan menambah personel pemadaman di darat.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif