Asian Games Diharapkan jadi Energi Perdamaian Asia
Keterangan pers bersama Presiden Jokowi dan PM Tiongkok Li Keqiang/Medcom.id/Fikar
Bogor: Presiden Joko Widodo mengapresiasi dukungan dan partisipasi Tiongkok dalam Asian Games XVIII pada 18 Agustus-2 September 2018. Ia ingin ajang multievent olahraga ini bisa menguatkan hubungan negara-negara di Asia.

"Marilah kita jadikan Asian Games ini tidak hanya ajang perhelatan olahraga, namun sebagai energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan kita," kata Jokowi dalam keterangan pers bersama Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin, 7 Mei 2018.

Jokowi juga mengajak Li berfoto sembari memegang maskot Asian Games XVIII. Li memegang Atung, sebutan lain maskot Rusa Bawean. Atung menjadi simbol kecepatan. Rusa Bawean merupakan binatang yang hanya tersebar di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Rusa Bawean merupakan hewan nokturnal (lebih aktif malam hari).


Sedangkan Jokowi memegang Bhin-Bhin dan Kaka. Bhin-Bhin merupakan maskot Burung Cendrawasih, menyimbolkan strategi. Burung cendrawasih tersebar di Pulau Irian dan Pulau Aru, Indonesia. Sedangkan Kaka merupakan maskot Badak Bercula Satu yang menyimbolkan kekuatan. Badak itu merupakan binatang yang hanya bisa ditemui di Ujung Kulon, Indonesia.

Li memastikan Tiongkok berpartisipasi penuh dalam ajang Asian Games. "Sekarang kita mengangkat simbol kedua boneka ini dari Asian Games dan mengharapkan Asian Games bisa sukses," ujar Li.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id