Penerobos Rombongan Presiden Menyerempet Petugas Patwal

Siti Yona Hukmana 26 September 2018 08:00 WIB
lalu lintas
Penerobos Rombongan Presiden Menyerempet Petugas Patwal
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. ANT/Reno Esnir.
Jakarta: Seorang pengemudi wanita Tania Mailianda Nurlitasari (TMN), 27, menerobos rombongan Presiden Joko Widodo saat melintas di Tol Jagorawi dari arah Bogor ke Jakarta. Peristiwa itu terjadi pada Senin, 24 September 2018 pukul 08.40 WIB. 

"Setelah kita halau kemudian yang bersangkutan sempat menyerempet anggota yang mengawal (Presiden). Dia sudah kita amankan di Polres Jakarta Timur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Selasa, 25 September 2018. 

Argo mengatakan, wanita itu menerobos rombongan Presiden lantaran ingin cepat sampai ke kantor. Ia mengaku memanfaatkan iring-iringan Presiden Jokowi.


"(Setelah diamankan) kita tes urine, kami masih menunggu hasilnya," ujar Argo.

Menurut Argo, aksi TMN yang memaksa masuk rombongan presiden itu membuat satu orang anggota patroli dan pengawalan (patwal) luka-luka. Petugas tersebut terserempet mobil TMN.

"Kita kenakan undang-undang lalu lintas Pasal 311 juncto Pasal 310, karena dia mengendarai dengan kelalaiannya. Dia menyebabkan orang luka di situ ya," ungkap dia.

Pasal 311 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan bahwa setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan kendaraan bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp4 juta.

Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp4 juta.

"Sesuai pasal itu, dia terancam dua tahun penjara dan denda Rp4 juta," tandas Argo. 

Namun, TMN tidak ditahan. Ia hanya dikenakan wajib lapor. "Karena sudah 24 jam kita pulang kan," jelas Argo.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id