Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

BNPB: Banyak Kebutuhan Korban Belum Terpenuhi

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Ilham Pratama Putra • 25 Desember 2018 17:30
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut masih banyak keperluan korban bencana tsunami Selat Sunda yang belum terpenuhi. Kebutuhan itu sangat mendesak untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban.
 
"Yang mendesak itu, kita membutuhkan alat berat, kebutuhan sehari-hari berupa bahan makanan, air, sanitasi, pakaian, pembalut, dan peralatan bayi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa, 25 Desember 2018.
 
Selain itu kata Sutopo, kebutuhan mendak lainnya seperti tenda pengungsian, MCK, genset dan bahan bakar minyak(BBM), trauma healing dan kantong jenazah. "Semua itu sangat mendesak di hari ke-3 pasca tsunami Selat Sunda ini," kata Sutopo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 7 Desa di Pandeglang Masih Terisolasi
 
Dia mengungkapkan, beberapa hal yang menjadi fokus utama penanganan masa tanggap darurat bencana tsunami adalah evakuasi dan penyelamatan korban, penanganan korban luka-luka serta penanganan para pengungsi.
 
"Perbaikan sarana prasarana umum seperti listrik, jalan, jembatan dan fasilitas publik lainnya juga hal utama dalam masa tanggap darurat ini," ujarnya.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif