Boeing Bahas Logbook Bareng Kemenhub
Konfrensi pers di Kemenhub. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah bertemu perwakilan Boeing dan Lion Air terkait jatuhnya pesawat Lion PK-LQP. Ketiganya membahas logbook yang ditemukan.

"Kami dengan Lion Air mendiskusikan tentang temuan yang ditulis di logbook pesawat," kata Direktur Kalaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Capt Avirianti di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat, 2 November 2018.

Logbook merupakan buku yang berisikan data penerbangan pesawat. Mulai dari tanggal, keberangkatan, kedatangan, jenis pesawat, kondisi pesawat, jumlah penerbangan, hingga perawatan pesawat.


(Baca juga: Harvino Gantikan Kopilot tak Berlisensi Seri Max-8)

Logbook merupakan catatan pilot sejak keluar pabrik hingga selesai penerbangan. Catatan ini bisa melacak permasalahan yang dirasakan pilot. 

Nantinya, kata Avirianti, temuan ini bakal dibahas dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ini supaya penyebab jatuhnya pesawat JT 610 rute Jakarta-Tanjung Pinang bisa lebih detail lagi. 

"Semoga apa yang dibahas dengan KNKT kita bisa temukan (penyebab pesawat jatuh)," kata dia.

Tim Gabungan Basarnas menemukan logbook milik Kopilot Harvino. Temuan ini dinilai penting di samping penemuan black box pesawat. 
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id