Anwar Usman (kanan) saat melakukan ijab kabul. Foto: BPMI Setwapres
Anwar Usman (kanan) saat melakukan ijab kabul. Foto: BPMI Setwapres

Usai Menikah, Ketua MK Langsung Dapat e-KTP dan KK Baru

Antara • 27 Mei 2022 06:08
Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Idayati, adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), memperoleh KTP elektronik dengan status baru usai melangsungkan pernikahan, Kamis, 26 Mei 2022. Bukan hanya KTP, Anwar Usman-Idayati juga langsung mendapat kartu keluarga (KK) baru.
 
"Terima kasih Kadis Dukcapil Surakarta Mas Pramono yang menyiapkan masing-masing KTP elektronik dengan status menikah serta KK (kartu keluarga) baru bagi Ketua MK Pak Anwar Usman dan Ibu Idayati," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dikutip dari Antara, Jumat, 27 Mei 2022.
 
Zudan mengatakan hal itu sesuai dengan arahan Mendagri Tito Karnavian. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) diminta bergerak cepat melayani dan proaktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai keluarga baru, kedua mempelai terkesan dengan layanan administrasi kependudukan yang responsif dari dinas dukcapil. Sebab, usai melangsungkan akad nikah selain menerima buku nikah, pasangan pengantin baru juga memperoleh KTP elektronik dengan status baru.
 
Baca: 4 Fakta Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK Anwar Usman
 
Dokumen kependudukan penting itu diserahkan langsung oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh Kementerian Dalam Negeri disaksikan wali nikah Presiden Jokowi dan segenap hadirin undangan. Zudan mengatakan Anwar Usman menyampaikan terima kasihnya. Bahkan, Anwar tak menyangka begitu cepat mendapatkan dokumen kependudukan diberikan langsung usai menikah.
 
Zudan menyebut petugas Dukcapil yang proaktif dan responsif adalah kunci dari kinerja layanan yang tinggi. Dia memberikan apresiasi tinggi dan terima kasih pada Dinas Dukcapil Kota Surakarta yang cepat menyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga baru bagi pasangan menikah tersebut.
 
Zudan mengatakan layanan berkarakter proaktif memiliki visi jauh ke depan. Menurut dia, tak hanya reaktif menunggu perintah atasan, dinas dukcapil bergerak melayani tanpa diminta.
 
"Ini jiwa pelayanan yang harus dimiliki oleh jajaran dinas dukcapil di mana pun," ujar dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif