Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANT/Akbar Nugroho.
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANT/Akbar Nugroho.

Jokowi Dinilai Lebih Sreg dengan Gerindra

Nasional kabinet jokowi
Cindy • 12 Oktober 2019 12:58
Jakarta: Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, dan Ketua Umum GerindraPrabowo Subianto, dianalisa. Pengajar Komunikasi Politik Universitas Gajah Mada Nyarwi Ahmad menyebut Jokowi lebih tertarik ke Prabowo.
 
"Saya lihat cara Jokowi bertemu SBY, ketika ditanya bagaimana kelanjutannya, (media) diminta untuk bertanya ke SBY. Sedangkan dengan Pak Prabowo tidak, cenderung lebih cair," kata Nyarwi di Gado-Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Oktober 2019.
 
Menurut dia, Demokrat belum punya sesuatu yang kuat untuk menarik rangkulan Koalisi Indonesia Kerja. Berbeda dengan Gerindra, partai itu dinilai lebih dibutuhkan untuk memperkuat koalisi pemerintahan mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mendapat indikasi dari dua peristiwa itu, daya tarik Gerindra untuk penyusunan koalisi ini sangat tinggi. Sementara Demokrat belum terlalu kuat," ucap Nyarwi.
 
Hal yang sama diamini Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari. Menurutnya, peluang Gerindra masuk koalisi sangat besar. Sebab berkaca pada dinamika politik di 2014 dan 2019, Jokowi dan Prabowo sudah cukup dekat.
 
"Mereka saling mengunjungi, frekuensi pertemuan Jokowi-Prabowo lebih sering dibandingkan dengan SBY," imbuh Qodari.
 
Pertemuan antara Jokowi dan SBY berlangsung pada Kamis, 10 Oktober 2019. Sementara pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto dilakukan Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Prabowo menegaskan siap membantu pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin apabila diperlukan. Pertemuan Jokowi dengan dua ketua umum partai oposisi itu disebut-sebut sebagai sinyal merapatnya Partai Demokrat dan Partai Gerindra ke koalisi Jokowi.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif