Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. MI
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. MI

Istana Puji Anies dan Said Aqil Umumkan Hasil Swab

Nasional Virus Korona dprd dki pandemi covid-19 Anies Baswedan
Nur Azizah • 01 Desember 2020 15:58
Jakarta: Istana Kepresidenan memuji keberanian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang mau menggumumkan hasil uji usap atau swab. Pengumuman ini penting lantaran keduanya melakukan kontak dengan orang banyak.
 
"Bila memiliki risiko terhadap lingkungan, maka harus disampaikan kepada publik. Saya pikir apa yang dilakukan gubernur, wakil gubernur DKI (Riza Patria), dan juga Pak Aqil Siradj, sebuah responsibility yang sangat tinggi, akhirnya semua aware," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Desember 2020.
 
Dengan keterbukaan itu, orang-orang yang pernah dekat dengan pasien covid-19 jadi bisa langsung memeriksakan diri. Dengan begitu penularan covid-19 bisa ditangani dengan cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti akan kita lihat tracing, siapa yang pernah bertemu, jam berapa kumpul, seterusnya, nanti akan memudahkan petugas melakukan tracing. Intinya di situ. Sekali lagi, diperlukan tanggung jawab sosial dan tanggung jawab pribadi yang tinggi," ujar Moeldoko.
 
Siang tadi, Anies mengonfirmasi dirinya positif covid-19. Anies tak menunjukkan gejala atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).
 
Baca: Anies-Ariza Positif Covid-19, Ketua DPRD: Ini Peristiwa Berat untuk DKI
 
Anies mendapat hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR) pada Selasa dini hari, 1 Desember 2020. Dia menjalankan tes pada Senin siang, 30 November 2020, di Balai Kota DKI Jakarta.
 
Dia meminta seluruh pihak yang pernah kontak erat dengan dia untuk melakukan tes usap PCR, baik staf maupun keluarga. Tim tracing  Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga akan mendata dan menghubungi pihak yang kontak erat dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.
 
Riza Patria juga dinyatakan positif usai menjalani tes PCR pada Jumat, 27 November 2020. Ariza, panggilan Riza, kini menjalani isolasi mandiri dan berada dalam pengawasan tenaga kesehatan. Ariza menjalani dua kali tes sebelum dinyatakan positif covid-19.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif