Jurnalis senior Andi F Noya/Medcom.id/Candra.
Jurnalis senior Andi F Noya/Medcom.id/Candra.

Keganasan Pandemi Disebut Tak Mengikis Solidaritas Masyarakat Indonesia

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Crosscheck Satu Tahun Covid-19
Candra Yuri Nuralam • 18 Juli 2021 15:12
Jakarta: Infeksi covid-19 di Indonesia mengganas belakangan ini. Keganasan pandemi disebut tidak menghilangkan solidaritas masyarakat Indonesia.
 
"Kebangkitan semangat gotong royong, kemanusiaan, solidaritas yang luar biasa dari beberapa pihak, mulai dari perusahaan, komunitas, organisasi bahkan sampai individu," kata Jurnalis senior Andy F Noya dalam diskusi Chrosscheck by Medcom.id dengan tema 'Yuk Optimis Covid Bakal Finish', Minggu, 18 Juli 2021.
 
Andy mengatakan awalnya dia pesimistis solidaritas masyarakat Indonesia akan terjaga saat gelombang kedua pandemi covid-19 datang. Dia awalnya berpikir bakal banyak orang yang menyimpan hartanya untuk bertahan hidup sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita menyadari bahwa pandemi yang berkelanjutan dengan tingkat penularan dan kematian yang meningkat apa pun itu penyebabnya, sangat berdampak pada dunia usaha dan otomatis mempengaruhi ekonomi perusahaan atau pun individu," tutur Andi.
 
Baca: Masyarakat Diminta Menyadari Pandemi Masalah Bersama
 
Namun, pandangan itu ternyata salah. Masyarakat justru makin solid saling bantu saat gelombang kedua pandemi covid-19 datang. Andi mengetahui hal itu dari wadah donasi Benih Baik.
 
"Justru ketika gelombang kedua terjadi tingkat kepedulian orang untuk ikut serta menanggulangi dampak pandemi covid-19 ini justru meningkat tajam," ujar Andy.
 
Dia juga mengatakan angka donasi makin banyak di Benih Baik saat gelombang kedua pandemi. Tak hanya dari perusahaan, donasi datang dari organisasi, kelompok, maupun individu.
 
Dia berharap tren itu tetap terjaga. Masyarakat Indonesia diharap tetap solid saling membantu di tengah pandemi.
 
"Ini membangkitkan optimisme kita," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif