Ilustrasi medcom.id
Ilustrasi medcom.id

Hasil Tes Antigen Masih jadi Syarat Naik Pesawat atau Tidak? Simak Penjelasan Kemenhub

Nasional pesawat hilang kontak Penerbangan Kementerian Perhubungan covid-19 tes virus korona pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Syarat Naik Pesawat
Patrick Pinaria • 20 Oktober 2021 17:41
Jakarta: Pemerintah membuat peraturan baru terkait syarat naik pesawat pada masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, 19 Oktober-1 November 2021. Kini, para penumpang diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR H-2. Entah untuk penumpang yang sudah mendapat vaksin dosis pertama dan juga dosis kedua.
 
Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali.
 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencoba angkat bicara mengenai aturan baru tersebut. Menurut juru bicara Kemenhub Adita Irawati, aturan baru penerbangan domestik yang tertuang dalam Inmendagri ini belum diberlakukan dan masih merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa selama ini syarat perjalanan penumpang dalam negeri dan internasional selalu merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19," ujar Adita dikutip dari Antara, Selasa, 19 Oktober 2021.
 
Adita memastikan Kemenhub tengah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 agar dapat diterbitkan Surat Edaran Satgas yang mengakomodir ketentuan baru tersebut. Itu artinya, syarat penerbangan saat ini masih merujuk pada SE Satgas Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.
 
"Jika ada ketentuan yang baru, kami akan mengumumkan secara resmi kepada masyarakat dan akan memberi waktu kepada operator penerbangan dan bandara untuk menyesuaikan dengan ketentuan tersebut," lanjutnya.
 
Jika merujuk pada SE Satgas Nomor 17 Tahun 2021, para penumpang masih diizinkan untuk memakai hasil negatif tes antigen dalam waktu maksimal 1x24 jam. Namun, syarat ini hanya berlaku untuk penumpang yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua.
 
Sedangkan penumpang yang masih menerima vaksin dosis pertama diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam. 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif