Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Media Indonesia
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Media Indonesia

Ranjang Isolasi di Indonesia Tersisa 25 Ribu

Nasional Virus Korona kemenkes covid-19 Isolasi Mandiri pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19 Isoman
Theofilus Ifan Sucipto • 25 Juni 2021 14:39
Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 85 ribu ranjang isolasi di seluruh Indonesia. Sebanyak 60 ribu dari jumlah tersebut telah diisi pasien covid-19.
 
“Kita masih ada 25 ribu (ranjang) lagi dengan kondisi sekarang,” kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 25 Juni 2021.
 
Budi menyebut jumlah itu belum termasuk dari tempat isolasi terpusat seperti Wisma Atlet. Jumlah itu juga belum termasuk konversi instalasi gawat darurat (IGD) dan tiga rumah sakit milik pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan; RSUP Persahabatan, Jakarta Timur; dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jangan Khawatir, Anggaran Penanganan Covid-19 Disiapkan Rp131 Triliun
 
Budi menuturkan daya tampung pasien di seluruh Indonesia mencapai 389 ribu orang. Dia telah meminta 30 persen atau sekitar 130 ribu tempat tidur dikonversikan untuk pasien isolasi.
 
“Sekarang kita baru konversi 85 ribu terisi 60 ribu, masih punya room sampai 130 ribu,” papar mantan Wakil Menteri BUMN itu.
 
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah tujuh ribu tempat tidur isolasi mandiri untuk orang tanpa gejala (OTG). Tempat tidur tersebar di rumah susun (rusun) Pasar Rumput, Jakarta Selatan dan rusun Nagrek, Jakarta Utara.
 
“Di Nagrek kapasitasnya empat ribu dan di Pasar Rumput kapasitasnya tiga ribu,” kata Budi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif