Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman. Foto: Dok/Pribadi
Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman. Foto: Dok/Pribadi

Epidemiolog: Kasus Menurun di Tengah Testing yang Menurun

Nasional covid-19 pandemi covid-19 Vaksinasi covid-19 Penularan covid-19 PPKM Darurat
MetroTV • 21 Juli 2021 17:14
Brisbane: Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman menyebut angka penurunan kasus covid-19 di Indonesia disebabkan karena kegiatan testing mengalami pengurangan. Di sisi lain, Presiden Joko Widodo memutuskan melonggarkan PPKM Darurat mulai 26 Juli 2021 nanti.
 
"Sayangnya yang dijadikan rujukan oleh Bapak Presiden adalah kasus menurun di tengah testing yang menurun. Testing 4 hari terakhir ini, dari 188 ribu testing per hari, terakhir, itu hanya 114 ribu," ujar Dicky, Rabu, 21 Juli 2021.
 
Padahal, angka positivity rate di Indonesia terus meningkat. Pada metode PCR test, positivity ratenya mencapai 50 persen. Menurut Dicky, situasi pandemi kini jauh lebih serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus lakukan strategi ekstrem, testingnya setidaknya satu juta perhari, tapi tidak usah PCR, tapi test antigen," imbuh Dicky.
 
Hal ini perlu dilakukan karena sekarang Indonesia masih dalam tren menuju puncak kasus hingga akhir Juli. Perlakuan testing, tracing, treatment (3T) yang masif dinilai lebih efektif ketimbang melaksanakan pembatasan kegiatan seperti PPKM Darurat yang tengah dijalani.
 
Berkaca pada India yang berhasil menangani pandemi, Indonesia bisa menerapkan program antigen test dengan harga terjangkau (Rp10-20 ribu) dan sisanya disubsidi pemerintah. Dengan begitu, angka testing bisa ditingkatkan. (Mentari Puspadini)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif