Menteri BUMN Erick Thohir mengecek fasilitas medis di Wisma Atlet Kamayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 Maret 2020. Foto: Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir mengecek fasilitas medis di Wisma Atlet Kamayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 Maret 2020. Foto: Istimewa

Wisma Atlet Hanya Rawat ODP dan PDP

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 23 Maret 2020 13:17
Jakarta: Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, tak menampung seluruh pasien virus korona (covid-19). Tempat penginapan atlet Asian Games 2018 itu hanya merawat pasien ringan.
 
"ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan)," kata Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Busroni kepada Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020.
 
Menurut dia, jika ada pasien yang membutuhkan penanganan serius, mereka akan dirujuk ke rumah sakit (RS). Ada delapan RS di Jakarta yang menjadi rujukan pengobatan pasien dari virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedelapan RS meliputi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, RSUP Fatmawati, dan RSUP Cengkareng. Selain itu, ada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, RS Bhayangkara R Said Sukanto, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintoharjo.
 
Guna penanganan pasien, Wisma Atlet membagi tujuh tower menjadi tiga zona. Zona hijau terdiri dari tower satu yang dikhususkan untuk posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
 
Zona kuning terdiri dari tower dua dan tiga untuk tenaga medis, mulai dari dokter dan perawat. Zona merah terdiri dari tower empat, lima, enam, dan tujuh, diperuntukan bagi pasien.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meninjau kesiapan RS darurat yang beroperasi sore ini. Jokowi meminta Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan semua kelayakan fasilitas ini.
 
"Harus pastikan ini siap, APD (alat pelindung diri) siap," kata Jokowi kepada Erick dan Doni saat meninjau Wisma Atlet.
 
Wisma Atlet Hanya Rawat ODP dan PDP
Presiden Joko Widodo (kiri) melihat peralatan medis di ruang IGD saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. Antara-Hafidz Mubarak A
 
Baca: Jokowi Berduka Pahlawan Medis Berguguran
 
Kasus positif covid-19 di seluruh Indonesia per Minggu, 22 Maret 2020, bertambah 64 pasien. Total pasien menjadi 514 orang. Sebanyak 29 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 48 orang meninggal.
 
Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 307 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 180 pasien masih dirawat, sedangkan 77 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 21 orang dan meninggal 29 orang.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif