NEWSTICKER
Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

27 Anggota DPRD Pematangsiantar Didesak Segera Tes Korona

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 20 Maret 2020 11:53
Jakarta: Anggota DPRD Pematangsiantar didesak menjalani tes virus korona (covid-19). Mereka berstatus orang dalam pemantauan (ODP) setelah pulang dari Bali.
 
"Untuk mengantisipasi kesehatan diri sendiri dan orang lain, karena tidak ada suatu yang tabu di situ," kata anggota DPR Komisi IX Saleh Partaonan Daulay di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Mereka menolak dites lantaran takut dijauhi masyarakat. Saleh mafhum dengan ketakutan itu. Namun, dia memastikan data pasien tidak diumumkan ke publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, tidak usah khawatir. Tes saja. Enggak akan diumumkan hasilnya. Anggaplah itu tes kesehatan biasa, namun kebetulan saat ini tengah menghadapai suatu pandemi global dibawa oleh virus korona ini," ujar Saleh.
 
Saleh menyebut sejumlah pejabat juga menjalani tes. Bahkan, beberapa dari mereka dinyatakan positif dan tidak ada masalah.
 
"Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Iriana juga ikut tes. Menteri-menteri juga ikut tes. Itu hasilnya diumumkan oleh istana, bahwa Pak Jokowi dan Ibu Iriana negatif," tutur dia.
 
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengimbau seluruh masyarakat yang pulang dari wilayah epidemi virus korona menjalani tes. Ini untuk meminimaliasai penyebaran virus korona di masyarakat.
 
(Baca: Anggota DPRD Bogor Segera Lakukan Tes Korona)
 
Sebelumnya, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pematang Siantar Erika Silitonga menyampaikan ada 60 warga Kota Pematangsiantar termasuk 27 anggota DPRD masuk daftar ODP. Mereka baru pulang dari daerah-daerah terjangkit virus korona.
 
Seluruhnya akan dipantau kondisi kesehatannya oleh petugas Puskesmas untuk mencegah penyebaran virus korona. Pernyataan Erika membuat sejumlah anggota dewan kesal.
 
"Akibat dari perkataan beliau (Erika) kami sampai jadi pembicaraan dan juga dijauhi oleh masyarakat padahal kami adalah wakil rakyat," kata Ketua Komisi I DPRD Pematang Siantar Andika Prayogi.
 
Selain itu, ada juga 23 anggota DPRD Blora menolak dites. Petugas mendatangi masing-masing rumah anggota dewan.
 
Sebanyak, 37 dari 45 anggota DPRD Blora melakukan kunjungan kerja ke Lombok. Beberapa di antaranya mengajak anak dan istri. Sebanyak 14 dari 37 anggota dewan itu sudah dites virus korona dan dinyatakan negatif.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif