Peserta terharu dan bahagia program observasi selesai. Mereka dipulangkan ke Jakarta untuk diserahkan ke keluarga. Foto: Antara/M Adimaja
Peserta terharu dan bahagia program observasi selesai. Mereka dipulangkan ke Jakarta untuk diserahkan ke keluarga. Foto: Antara/M Adimaja

Peserta Observasi Virus Korona Pulang Pakai Tiga Pesawat

Nasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Anggi Tondi Martaon • 15 Februari 2020 16:33
Jakarta: Peserta observasi virus korona akan dipulangkan ke keluarga masing-masing. Mereka diangkut dari Natuna menggunakan tiga pesawat ke Jakarta untuk diserahkan ke pemerintah daerah sebelum dibawa ke daerah asalnya.
 
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, jenis pesawat yang digunakan yaitu dua Boeing 737 dan satu pesawat Hercules. Menurutnya, waktu terbang ketiga pesawat dari Natuna berdekatan.
 
"Sudah terbang semua ini mungkin dalam waktu 5-10 menit lagi Hercules akan mendarat," kata Terawan setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 15 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini menyampaikan, penumpang pesawat disesuaikan dengan jenis kelamin peserta observasi. Perempuan dan anak-anak di tempatkan di Boeing 737. Dia menggunakan pesawat pertama bersama perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
"Hercules itu membawa pada umumnya laki-laki," ungkap dia.
 
Peserta Observasi Virus Korona Pulang Pakai Tiga Pesawat
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat tiba di Jakarta memimpin rombongan peserta observasi virus korona Covid-19. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
 
Terawan memastikan semua peserta dalam kondisi sehat. Nantinya dinas kesehatan tiap daerah akan memantau kondisi peserta observasi.
 
"Dinas kesehatan sebagai tracking saja. Membantu kalau ada yang dikeluhkan," ujar dia.
 
Menteri Terawan memastikan seluruh WNI yang dievakuasi dan Tiongkok dan kru yang pendamping sehat. Observasi 238 WNI yang dikarantina dan 122 kru dinyatakan selesai. Seluruh WNI negatif virus korona.
 
Sebanyak 237 WNI yang dipulangkan transit di Jakarta untuk diserahkan ke pemerintah daerah. Satu peserta observasi memilih tidak dipulangkan hari ini.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif