Menhub Minta Angkasa Pura Jaga Bawaan Pemudik
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan Angkasa Pura (AP) II sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjalankan bisnis bandara memperketat pengamanan. Dia tak ingin kasus pencurian koper oleh siswa SMP di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, terulang. 

"Saya sudah instruksikan pada AP II untuk melakukan pengetatan. Kalau yang melakukan teroris lebih bahaya lagi, ini kan cuma anak iseng," kata Budi di Kompleks Istana, Gambir, Jakarta, Senin, 28 Mei 2018. 

Budi pun ingin mengantisipasi loncatan pemudik yang pulang kampung menumpangi pesawat. Pasalnya, pada Lebaran 2017, pemudik via udara naik 9 persen menjadi 5,4 juta orang dari sebelumnya hanya 4,9 juta 


"Oleh karenanya saya menberikan perhatian kepada udara supaya memperhatikan supaya jangan terlambat dan sebagainya," jelas dia.

Baca: Tenaga Medis Berstatus ASN Dilarang Libur Selama Lebaran

Kasus pencurian koper ini menjadi perhatian setelah DV, 15, siswa SMP, ditangkap Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Dia didapatan mencuri koper milik penumpang maskapai Garuda Indonesia. 

"Remaja tersebut baru kami tangkap Sabtu (26 Mei 2018) malam," ujar Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan, Minggu, 27 Mei 2018.

Kasus ini akan dibawa ke peradilan anak. DV akan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).

Penangkapan DV sempat viral di media sosial karena aksinya sempat terekam CCTV dan tersebar. Pelaku beraksi di tempat pengambilan bagasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.






(OGI)