Penghitungan suara--Antara/Oky Lukmansyah
Penghitungan suara--Antara/Oky Lukmansyah

Penghitungan Suara Ricuh di Gorontalo

Nasional kecurangan pemilu
Andri Arnold • 16 April 2014 10:06
medcom.id, Gorontalo: Proses penghitungan suara tingkat Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, diwarnai kericuhan antara seorang caleg dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan. Keributan dipicu desakan caleg yang ingin kotak suara dibuka kembali karena menuding ada penggelembungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara.
 
Eti Suji Biki, caleg perempuan dari Partai Persatuan Pembangunan, tidak mampu menyembunyikan kekesalannya saat proses rekapitulasi perolehan suara oleh PPK Telaga Jaya yang menempatkan perolehan suaranya minim di tempat pemungutan suara 1 Desa Hutada.
 
Caleg perempuan inipun mendesak agar PPK melakukan penghitungan ulang dan memperlihatkan surat suara yang tidak tercoblos yang dicurigai telah diganti. Apalagi kotak suara itu masih disimpan selama dua hari di kantor Kelurahan Hutada sebelum dibawa ke kantor kecamatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun keinginannya melihat surat suara yang tidak tercoblos ini tidak digubris oleh anggota PPK dengan alasan tidak ada rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan. Akibatnya keributan terus terjadi.
 
Polisipun terpaksa mengeluarkan sejumlah warga yang ikut bersama caleg tersebut untuk menghindari keributan. Setelah negosiasi selama berjam-jam, Rabu (4/16) dinihari akhirnya Panwaslu Kabupaten Gorontalo bersedia merekomendasikan pembukaan kotak suara yang dipermasalahkan dan menghitung kembali surat suara hasil Pemilu Legislatif 9 April 2014.
 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif