Kepala BNPB Doni Monardo. Dok. BNPB
Kepala BNPB Doni Monardo. Dok. BNPB

BNPB: Sungai Ciliwung Harus Dikelola untuk Cegah Banjir Jakarta

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir bnpb sungai ciliwung
Candra Yuri Nuralam • 01 Desember 2020 06:53
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mewaspadai sungai yang berpotensi menimbulkan banjir di Jakarta. Terutama Sungai Ciliwung.
 
"Sungai Ciliwung ini membelah ibu kota negara, pusat pemerintahan. Ciliwung juga melintasi beberapa kabupaten atau kota dan Ciliwung menjadi salah satu sungai yang terkenal di Indonesia," kata Kepala BNPB Doni Monardo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 30 November 2020.
 
Doni mengatakan Sungai Ciliwung butuh perhatian khusus jelang akhir tahun untuk mencegah banjir di Ibu Kota. Menurutnya, langkah perawatan Singai Ciliwung masih belum maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apa yang kita rasakan hari ini, Ciliwung belum mendapatkan perhatian yang lebih optimal. Karena kita masih bisa melihat banyak sampah, kotoran dan khususnya pada saat curah hujan yang tinggi hampir pasti terjadi banjir," ujar Doni.
 
Baca: Skema Anggaran Penanggulangan Banjir di APBD-P 2020 DKI Berubah Total
 
Banyaknya sampah di Sungai Ciliwung membuat potensi banjir di Jakarta makin tinggi. Pemprov DKI diminta segera bergerak untuk meminimalisir potensi banjir di ibu kota.
 
Doni juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sigap dalam menyikapi peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Mitigasi banjir harus diutamakan.
 
"Kita berharap bahwa informasi dari BMKG jauh-jauh hari harus disikapi dengan sangat serius, dengan sungguh-sungguh. Baik oleh pengambil kebijakan, maupun oleh seluruh lapisan masyarakat, sampai ke tingkat RT atau RW," tutur Doni.
 
Masyarakat juga diminta sigap dengan banjir di Jakarta. Korban jiwa dari bencana banjir bisa diminimalisir jika pemerintah daerah dan masyarakat saling bahu membahu.
 
"Apabila ini dilakukan dengan baik, langkah-langkah pencegahan akan bisa menyelamatkan jiwa manusia," jelas Doni.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif