Ilustrasi aksi buruh - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi aksi buruh - - Foto: MI/ Ramdani

Berbarengan Ramadan, Perayaan May Day 2021 Diprediksi Kondusif

Nasional Demo Buruh unjuk rasa pandemi covid-19 Ramadan 2021
Sri Yanti Nainggolan • 01 Mei 2021 13:41
Jakarta: Labor Institute Indonesia atau Institut Pengembangan Alternatif Perburuhan Indonesia memprediksi Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day akan berjalan kondusif. Pasalnya, tahun ini bertepatan dengan Ramadan dan masih dalam pandemi covid-19
 
"Diperkirakan akan berjalan kondusif dikarenakan May Day pada tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan dan saat ini kita masih mengalami situasi pandemi covid-19," ucap Sekretaris Eksekutif Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Mei 2021. 
 
Selain itu, Andy menilai perhatian pemerintah terhadap buruh di era pandemi ini cukup besar. Yakni dengan memberikan bantuan subsidi upah (BSU), Pemberian bantuan bagi buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) melalui bantuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta vaksinasi gratis. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perhatian pemerintah daerah di beberapa wilayah industri juga dirasa makin baik dengan adanya penyediaan sarana kesehatan dan perumahan murah bagi buruh. Seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barar, Sumatera Utara, dan Batam
 
"Selain itu para buruh atau pekerja sudah mulai sadar akan ancaman PHK dan susahnya mencari pekerjaan," lanjut dia.
 
Sejumlah organisasi buruh menggelar demo di sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sepanjang Sabtu pagi hingga sore, 1 Mei 2021. Polisi menutup sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi keramaian sepanjang peringatan Hari Buruh.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif