Kampung Inovasi Hidroponik--Medcom.id/Cindy.
Kampung Inovasi Hidroponik--Medcom.id/Cindy.

Kampung Inovasi Hidroponik di Tangerang Jadi Destinasi Wisata

Nasional perkampungan
Cindy • 14 Februari 2019 17:07
Tangerang: Kampung Inovasi Hidroponik menjadi salah satu kampung tematik yang berdiri atas kesadaran dan swadaya masyarakat. Berawal dari keinginan Ketua RT 01 RW 02 Cimone, Suherman dalam membangun lingkungan hijau dan bersih.
 
"Saya mulai sendiri dengan membeli peralatan untuk tanaman hidroponik ini. Saya mencoba merapikan kampung yang dua tahun lalu itu masih kumuh. Dulu tidak seperti ini, dulu bau dan banyak sampah," kata Suherman di Kampung Inovasi Hidroponik, Karawaci, Tangerang, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Dia mengaku sampai harus menggadaikan barang pribadi untuk menghijaukan kampungnya. Dari pengabdiannya itu, warga kampung pun tergerak menjadi bagian didalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya enggak ada maksa warga untuk ikut. Selaku Rukun Tetangga (RT) ini kasih contoh yang baik, nanti bisa bangun kesadaran mereka untuk ayo hidup bersih dan sehat, jaga lingkungan," tutur Suherman.
 
Kesejahteraan warga Kampung Inovasi Hidroponik ikut terbangun. Karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) yang baik.
 
"Pengusaha Wuling dan Honda nilai warga ada niat dan potensi untuk bekerja. Alhamdulillah ada yang dipekerjakan sebagai security di sana. Ada juga yang jadi satgas Karawaci," jelasnya.
 
Kini, kampung tersebut menjadi salah satu destinasi wisata hidroponik. Bahkan, hasil tanam sayuran hidroponik juga banyak diminati.
 
"Kita bikin peyek dari hasil tanaman ini. Ada yang pesan sayurnya juga, bisa dapat Rp900 ribu dan diputar lagi uangnya. Kalau pengunjung datang seminggu sekali juga ada," kata Suherman.
 
Pelaksana tugas Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengapresiasi kampung tersebut, karena semangat gotong royong warga dalam menjaga lingkungan. Dia menilai pengamalan pancasila terbangun lewat usaha masyarakat untuk berubah.
 
"Warga di sini bisa merawat nilai-nilai kebijakan (pancasila) itu. Dengan gotong-royong, bukan hanya lingkungan fisik yang berubah tapi bersamaan dengan pertumbuhan karakter masyarakat. Ini yang kita harap bisa terjadi di kampung-kampung lain atau masyarakat Indonesia," tuturnya saat kunjungan ke Kampung Inovasi Hidroponik, Karawaci, Tangerang, Kamis, 14 Februari 2019.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi