Wapres: Pola Kepemimpinan ASN Harus Berubah

Dheri Agriesta 08 Oktober 2018 16:15 WIB
ASN
Wapres: Pola Kepemimpinan ASN Harus Berubah
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) tentang perubahan pola kepemimpinan. Pemimpin harus berhati-hati bertindak di era keterbukaan.

"Tidak bisa lagi mengatakan saya (ini) atasan. Kalau anak buah tidak suka, dia bikin di medsos (media sosial) macam-macam, gampang saja semua orang tahu," kata Kalla di hadapan peserta pembekalan kepemimpinan Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Kalla menyebut birokat saat ini tak bisa macam-macam. Era keterbukaan membuat tingkah polah para pejabat nakal gampang diketahui publik.


Kondisi itu berbeda dengan birokrasi pada era 90-an. Saat itu, pejabat negara bisa memanfaatkan kekuasaan untuk menutupi tingkahnya.

"Sekarang berbeda karena ada keterbukaan, jadi pemimpin itu harus lebih pintar, bijaksana, dan mengayomi anak buah, memberikan contoh," jelas Kalla.

Baca: Kelakar Kalla soal Kecilnya Gaji Wapres

Kalla meminta ASN memahami setiap anak buahnya. Pimpinan, kata dia, juga harus lebih inovatif di berbagai sektor.

"Sekarang ini di samping inovatif, kepemimpinan juga harus punya wibawa karena dapat memberi contoh, bijaksana, dan kolaboratif," ucap eks ketua umum Partai Golkar itu.

Kalla menjelaskan terdapat usulan mengganti pola pendidikan kepada ASN dalam beberapa diskusi. Selama ini, pengajar dalam pendidikan dan latihan ASN diisi birokrat yang akan pensiun atau yang telah pensiun. Mereka mengajarkan sesuatu yang jauh dari zaman ini.

"Ini terjadi perubahan yang besar. Tentu, minta maaf kalau di sini ada widyaiswara (ASN yang diangkat sebagai pejabat fungsional). Tentu boleh dari widyaiswara, tapi harus mengetahui masa depan, bukan hanya mengagungkan masa lalu," beber Kalla.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id