Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istinewa)
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istinewa)

Survei: Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Dongkrak Elektabilitas Ganjar Pranowo

Al Abrar • 22 Januari 2023 15:46
Jakarta: Elektabilitas Ganjar Pranowo masih tertinggi dalam temuan sejumlah lembaga survei, termasuk Lembaga Survei Indonesia (LSI). Dalam rilis survei terbaru LSI, elektabilitas Ganjar masih di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. 
 
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan,, tingginya tingkat keterpilihan Ganjar turut disebabkan meroketnya tingkat kepercayaan publik (approval rating) terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
 
Tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi, berdasar temuan 2023, berada di angka 76,2 persen. Djayadi mengatakan, angka tersebut menjadi yang tertinggi dalam survei persepsi publik, terutama terkait tingkat kepercayaan atas kinerja presiden. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam temuan LSI, jelas Djayadi, basis dukungan terhadap Ganjar polanya mirip dengan basis PDI Perjuangan, sangat kuat didorong oleh basis pemilih Jokowi pada Pilpres 2019. 
 
“Hal yang sama (basis dukungan Ganjar) juga berlaku terhadap kelompok masyarakat yang semakin puas atas kinerja Jokowi,” kata Djayadi saat memaparkan hasil survei bertajuk Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini secara virtual, Minggu, 22 Januari 2023. 
 
Djayadi melanjutkan, jika kredibilitas terhadap Presiden Joko Widodo tetap terjaga, maka ke depan dukungan terhadap PDIP, sekaligus Ganjar Pranowo juga kemungkinan besar semakin kuat.
 
“Presiden Joko Widodo memiliki pengaruh yang cukup signifikan baik terhadap basis dukungan PDIP maupun dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Ini yang harus dicatat PDIP dan Ganjar,” kata Djayadi. 
 
Survei dilakukan dalam rentang 7-11 Januari 2023, menempatkan 1.221 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. 

 
(ALB)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif