Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas relawan yang dikirim ke lokasi karhutla, Selasa, 17 September 2019. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas relawan yang dikirim ke lokasi karhutla, Selasa, 17 September 2019. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Anies Kirim 65 Relawan Karhutla

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Kautsar Widya Prabowo • 17 September 2019 11:08
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Karhutla diterjunkan ke Riau. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan 65 petugas gabungan dari unsur pemerintah dan masyarakat yang dikirim diminta tidak memandang tugas ini sebagai pengorbanan.
 
Relawan diminta fokus membantu penanganan karhutla. "Terima tanggung jawab sebagai kehormatan, mendapat kehormatan mewakili Ibu Kota memadamkan api, menyelamatkan anak-anak, orang tua dari asap," kata Anies di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 17 September 2019.
 
Nantinya, Satgas bertugas di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia mengingatkan tim menjaga kesehatan selama bertugas, mengingat kondisi udara di lokasi karhutla membahayakan kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi di sana kita tahu bukan kondisi yang menyenangkan. Paparan asap ada di mana-mana," tutur dia.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudyaaan itu menyebut tim bertugas selama 10 hari di Riau. Setelah itu, Pemerintah Provinsi DKI akan kembali mengirim relawan ke wilayah terdampak karhutla.
 
Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengatakan 65 relawan berasal berbagai macam instansi. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan mengirim 25 orang, Dinas Kesehatan 10 orang yang akan membuat dua posko, BPBD 5 orang, Dinas Sosial 10 orang, tim relawan Jakarta 10 orang, serta tim pendukung 5 orang.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif