Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menelusuri Gua Batu Cermin di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Biro Pers Istana
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menelusuri Gua Batu Cermin di kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Foto: Biro Pers Istana

Presiden dan Ibu Negara Menelusuri Keindahan Gua Batu Cermin

Nasional presiden jokowi
Damar Iradat • 12 Juli 2019 02:00
Labuan Bajo: Setapak demi setapak Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menelusuri anak tangga di Gua Batu Cermin. Meski tampak tersengal-sengal, Presiden dan Ibu Negara tetap terlihat menikmati perjalanannya.
 
Waktu menunjukkan pukul 12.05 WITA saat Jokowi dan Iriana mulai menapakan kakinya di salah satu lokasi wisata di Labuan Bajo itu. Keduanya mulai menyusuri gua pembuka dengan jalur yang relatif luas dan mudah untuk dilalui.
 
Beberapa pohon terlihat merambat dengan akar yang cukup besar menempel di dinding gua pembuka. Hingga tengah perjalanan, keduanya tiba di salah satu ruang yang bisa ditempati hingga 15 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga:Presiden Ingin Membenahi Kawasan Taman Nasional Komodo
 
Di satu titik terdapat lorong buntu, dan di atasnya terdapat celah kecil yang tertembus cahaya. Jika momennya tepat, cahaya yang masuk terpantul pada dinding gua dan membentuk cermin alami. Inilah asal muasal nama Gua Batu Cermin.
 
Usai menyusuri gua selama sekitar 20 menit, Presiden dan Ibu Iriana pun keluar gua melalui pintu gua yang berbeda dari pintu masuk. Keduanya lantas melanjutkan perjalanan untuk santap siang, lalu kembali ke Jakarta.
 
Seperti dikutip dari Kementerian Pariwisata, Gua ini pertama kali mendapat perhatian dunia pada tahun 1951 berkat penelitian arkeolog sekaligus misionaris asal Belanda, Theodore Verhoven. Jutaan tahun lalu, posisi gua ini ada di bawah laut.
 
Dulu, sempat ada pergeseran atau patahan lempeng bumi, lalu terjadi gempa, sehingga ada beberapa wilayah di Pulau Flores yang tenggelam. Ada beberapa juga yang bahkan naik ke permukaan, salah satunya adalah gua cermin ini.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif