148 Wisatawan Asing Dievakuasi dari Gili Trawangan

Yogi Bayu Aji 07 Agustus 2018 06:02 WIB
gempagempa bumiGempa Lombok
148 Wisatawan Asing Dievakuasi dari Gili Trawangan
Sejumlah wisatawan mancanegara menuruni kapal cepat ketika tiba di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, Senin (6/8/2018). Foto:Antara/Zabur Karuru
Jakarta: Sebanyak 758 orang dievakuasi dari lokasi wisata Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) usai gempa 7,0 Skala Richter (SR). 148 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. 

"Proses evakuasi korban bencana ini melibatkan sejumlah personel TNI bekerja sama dengan Polri, BPBD, Pemda setempat dan tim SAR," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Agustus 2018. 

Sabrar menjelaskan, evakuasi melalui jalur laut itu menggunakan kapal RB 220 Mataram. Pada tahap pertama, 49 WNA dievakuasi. Kemudian ada 19 WNA yang dievakuasi pada tahap kedua. 74 WNA pada sesi evakuasi berikutnya. 


"Selain itu proses evakuasi juga menggunakan boat KPLP yang berhasil mengevakuasi enam WNA," ujarnya. 

Proses evakuasi juga dilakukan di Gili Meno dan Gili Air. Para korban terdampak gempa ini kemudian dilarikan menuju pelabuhan Bangsal di Lombok.

Sabrar menyatakan TNI menerjunkan 397 personel TNI yang terdiri dari 82 personel Yonkes Divisi 2/Kostrad, 100 personel Pasmar-2, 100 personel Yonzipur, 10 Kostrad dan 100 personel dari Yon Paskhas, ditambah 5 personel dari Satkomlek. Aparat TNI bekerja sama dengan kepolisian, personel Basarnas dan masyarakat.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id