Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Humas Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Humas Kominfo

Menkominfo Dorong Transformasi Digital jadi Komunitas di ASEAN

Nasional Kominfo asean Ekonomi Indonesia transformasi digital
Candra Yuri Nuralam • 18 Oktober 2021 19:58
Jakarta: Pemerintah tengah bekerja keras dalam melakukan transformasi digital di Indonesia. Transformasi digital ini diharap bisa menjadi komunitas di ASEAN.
 
"Indonesia telah menyampaikan beberapa poin pandangan dan posisinya terhadap isu-isu terkait transformasi digital," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melalui keterangan tertulis, Senin, 18 Oktober 2021.
 
Johnny mengatakan transformasi digital sudah menjadi perhatian Dewas Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sehingga, kata dia, perubahan itu sudah tidak bisa disetop untuk menjadi komunitas digital di ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia menyuarakan dukungannya terhadap penyusunan ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation yang diinisiasi oleh Brunei Darussalam selaku chairmanship ASEAN tahun ini," ujar Johnny.
 
Johnny mengatakan transformasi digital dalam komunitas ASEAN bisa menguntungkan semua pihak. Pertama, kerja sama di bidang digital yang dilakukan negara ASEAN bisa lebih inklusif dan akseleratif.
 
Baca: Transformasi Digital di Papua dan Papua Barat Perlu Dipercepat
 
Lalu, kerja sama terkait keamanan siber negara-negara ASEAN diyakini bisa makin kuat dengan komunitas transformasi digital. Terakhir, Johnny meyakini komunitas transformasi maya di ASEAN bisa mengimplementasikan digital masterplan 2025.
 
"Pemerintah Indonesia terus mendorong kerja sama yang lebih intensif di antara negara-negara sahabat di kawasan Asia Tenggara agar bersama-sama kita dapat mengatasi berbagai tantangan, baik di masa pandemi covid-19 maupun di masa mendatang," kata Johnny.
 
Johnny berharap komunitas transformasi digital di ASEAN segera terealisasikan. Menurut dia, kerja sama itu bisa membuat negara-negara kelompok ASEAN saling membantu dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi.
 
"Bersama-sama kita akan bangkit kembali dengan lebih kuat serta bergerak maju menuju terwujudnya ASEAN, a digitally connected community," ucap Johnny.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif