Ilustrasi: Pengendara melintas di kawasan Seribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kab.Solok Selatan, Sumatra Barat. Foto: Antara/Iggoy el Fitra.
Ilustrasi: Pengendara melintas di kawasan Seribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kab.Solok Selatan, Sumatra Barat. Foto: Antara/Iggoy el Fitra.

Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan akan Direvitalisasi

Nasional presiden jokowi bedah rumah
Achmad Zulfikar Fazli • 09 Februari 2018 13:55
Padang: Presiden Joko Widodo sangat kagum dengan keindahan rumah gadang yang ada di Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar). Ia ingin rumah tradisional Minangkabau itu dilestarikan.
 
Jokowi mengaku pernah ke Gunung Kerinci melalui Padang, Sumbar, pada 1983. Dalam perjalanan itu, ia melewati Solok Selatan dan melihat langsung keindahan rumah gadang.
 
"Saya ingat betul waktu naik Kerinci lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat yang sangat cantik dan indah sekali dan sebagian merawat kekaguman itu," kata Jokowi dalan perayaan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Padang, Jumat, 9 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas kekagumannya itu, Jokowi mencanangkan revitalisasi untuk seribu rumah gadang di Solok Selatan. Ia telah memerintahkan kementerian terkait untuk menyelesaikan revitalisasi tersebut tahun ini.
 
Baca: Saat Jokowi Jadi Wartawan
 
"Nanti revitalisasi ini di seluruh Sumbar dan seluruh pelosok Tanah Air," ucap dia.
 
Selain rumah gadang, Jokowi juga memerintahkan jajarannya mempercantik Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Desa itu disebut-sebut sebagai desa terindah di dunia.
 
Ia telah melihat langsung desa tersebut pagi tadi sebelum menghadiri puncak peringatan ke-32 Hari Pers Nasional. Ia juga meminta revitalisasi desa tersebut selesai pada 2018 ini.
 
"Lanskap restorasi rumah-rumah yang ada akan menambah cantik rumah adat, baik di Solok Selatan atau di Pariangan," kata dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif