Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

24 Tahanan Rutan Pondok Bambu Reaktif Covid-19

Nasional Virus Korona
Siti Yona Hukmana • 12 Mei 2020 20:33
Jakarta: Sebanyak 24 warga binaan pemasyarakatan di rumah tahanan (rutan), Pondok Bambu, Jakarta Timur, yang dinyatakan reaktif virus korona (covid-19) tanpa gejala. Hasil rapid test diragukan.
 
"Di Pondok Bambu 24 yang reaktif tidak ada yang demam atau flu," kata Kabag Humas dan Protokol Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Menurut Rika, hasil tes yang menunjukkan para narapidana itu reaktif, bukan berarti positif terinfeksi virus korona. Hasil rapid test reaktif, kata dia, bisa jadi karena antibodi sedang bereaksi melawan penyakit lain, seperti flu biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi belum tentu covid-19. Hasil pastinya setelah keluar hasil swab nanti," ujar Rika.
 
Baca: Relawan Wajib Mendapat Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
 
Sebelumnya, sebanyak 24 warga binaan pemasyarakatan rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, terdeteksi covid-19 dalam rapid test. Ada juga dua petugas rutan Pondok Bambu yang diidentifikasi positif virus korona berdasarkan pemeriksaan rapid test.
 
Sebanyak 12 warga binaan positif setelah diuji lewat metode reaksi berantai polimerase (PCR). Mereka dikarantina di Rumah Sakit Pengayoman.
 
Dua petugas menjalani isolasi mandiri di rumah dan diperintahkan melapor ke puskesmas atau rumah sakit rujukan covid-19. Sebanyak 12 warga binaan lain yang hasilnya reaktif saat rapid test diisolasi mandiri di kamar karantina Rutan Pondok Bambu.
 
Rapid test berlangsung selama tiga hari pada 9-11 Mei 2020. Rapid test diberikan kepada 115 petugas rutan, dua petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, 309 warga binaan, dua bayi, sembilan orang pegawai kejaksaan, dan 12 orang pihak eksternal.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif