Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock
Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock

IAKMI Pesimistis Vaksin Selesai Awal 2021

Nasional vaksin covid-2019 vaksin covid-19
Sri Yanti Nainggolan • 16 Agustus 2020 01:13
Jakarta: Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra tak yakin vaksin covid-19 selesai awal 2021. Pendapatnya ini merujuk tahap-tahap ilmiah pembuatan vaksin.
 
"Bisa kita simpulkan vaksin ini tak secepat yang kita bayangkan. Paling cepat Maret selesai," kata Hermawan diskusi daring TrijayaFM, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Berdasarkan pernyataan PT Bio Farma, proses uji klinis tahap ketiga vaksin baru sampai interim report pada Januari 2021. Kemudian, tahap selanjutnya ialah regulatory review dan approval untuk melihat efektivitas dan efikasi vaksin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sebagai masyarakat tak boleh overconfidence vaksin ada di awal Januari. Tapi kita juga optimistis, sadar, dan sabar berperilaku hidup sehat," kata dia.
 
Hermawan mengingatkan figur publik untuk berhati-hati mengeluarkan pernyataan kepada publik. Masyarakat tak boleh dibuat berharap terlalu besar pada hal-hal yang belum tentu bisa direalisasikan.
 
"Kita cukup banyak dengar statement seperti ini sejak rapid test, klorokuin. Optimisme tak usah disampaikan secara vulgar di depan publik," saran dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif