Tenaga medis do RSD Wisma Atlet. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Tenaga medis do RSD Wisma Atlet. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Jatuh Mental Para Penghuni RSD Wisma Atlet

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Konvergensi MGN
Sri Yanti Nainggolan • 29 September 2020 03:24
Jakarta: Meningkatkan imun tubuh agar sembuh dari virus korona (covid-19) tak hanya dengan makan makanan bergizi atau olahraga. Kesehatan mental juga menjadi hal penting dalam melawan virus tersebut.
 
Randi Febrian Putra, 24, sudah bertugas di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet sebagai satu-satunya hipnoterapis dari divisi medis kesehatan jiwa. Dia bekerja dengan dua psikiater dan 10 psikolog untuk menyediakan layanan konsultasi mental.
 
"Di sini rata-rata banyak stres karena ditinggal keluarga dan dikucilkan masyarakat. Saya memberikan trauma healing pada mereka," kata Randi pada Medcom.id, Sabtu. 26 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan kebanyakan pasien covid-19 stres karena tak terima terpapar virus tersebut. Apalagi, mereka terjangkit kategori orang tanpa gejala (OTG) dan masih berusia muda. Hal ini dapat dimaklumi karena psikologis para pasien usia ini cenderung masih labil.
 
"Saya menghibur, mereka yang mengucilkan belum tentu tahu apakah mereka positif atau negatif (covid)," katanya.
 
Setiap hari, Randi mengunjungi setidaknya 20 pasien di tower 6 dan tower 7. Sistem kerja Randi berbeda dengan psikolog yang mengunjungi dua kali seminggu. Sementara dia sehari dinas, sehari libur.

 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif