WNI dipulangkan secara mandiri dari India. Foto: KBRI New Delhi.
WNI dipulangkan secara mandiri dari India. Foto: KBRI New Delhi.

WNI yang Pulang dari India Diperbolehkan, Ada Syaratnya

Nasional India wni covid-19 pandemi covid-19
Adri Prima • 23 April 2021 21:25
Jakarta: Tingginya angka kasus Covid-19 di India membuat Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mewaspadai kedatangan warga negara India yang memasuki Indonesia. 
 
Meski begitu, untuk warga negara Indonesia (WNI) yang pernah tinggal atau pernah mengunjungi India dalam kurun waktu 14 hari masih diperkenankan kembali ke Indonesia. Namun, mereka harus melalui pemeriksaan dan menjalani protokol kesehatan yang diperketat. 
 
Sementara itu, pihak Imigrasi Indonesia telah merilis pernyataan resmi terkait pengajuan visa dari India menuju Indonesia sudah dihentukan sejak Kamis 22 April 2021 kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah perintahkan, sesuai dengan arahan menteri permohonan visa dari India sudah kami stop sejak kemarin (22 April)," kata Dirjen Imigrasi, Jhoni Ginting dikutip dari MetroTV, Jumat 23 April 2021. 
 
Menurutnya hal ini merupakan bentuk antisipasi dari fenomena angka kasus Covid-19 di India yang semakin menghkhawatirkan. Dalam 24 jam terakhir, angka kematian akibat Covid-19 di India mencapai 2.263 kasus. Situasi ini bahkan membuat layanan kesehatan di India mengalami krisis. 
 
Sementara itu, pada hari Rabu tanggal 22 April 2021, imigrasi mencatat ada satu pesawat yang mendarat di Indonesia yang berisikan banyak warga negara India. 
 
"Makanya kami berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar dapat diantisipasi dari jalur penerbangan kalau mereka datang. Saat ini mungkin sudah ada yang dalam perjalanan masuk ke bandara Indonesia, maka akan diberlakukan protokol kesehatan ketat," ujar Jhoni.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif