Diskusi Mitigasi Bencana di Kantor LIPI. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Diskusi Mitigasi Bencana di Kantor LIPI. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

LIPI Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana

Nasional Mitigasi Bencana
Ilham Pratama Putra • 28 Desember 2018 02:05
Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai mitigasi dan pendidikan bencana penting sebagai upaya mengurangi dampak bencana. Sosialisasi terkait antisipasi bencana harus dilakukan terus-menerus. 

"Sosialisasi itu perlu, agar mereka mampu menyiapkan diri terhadap bencana dan berkontribusi agar menurunkan risiko dampak dari bencana," kata Peneliti Bidang Ekologi Manusia LIPI Deny Hidayati di kantornya, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018. 

Deny menyontohkan soal mitigasi bencana banjir. Deny mengatakan, siklus terjadinya banjir relatif bisa dibaca, yakni saat musim penghujan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Masyarakat di wilayah rawan banjir pun sudah harus paham mencegah dampaknya agar tidak menimbulkan korban jiwa. Misalnya, kata dia, dengan cara membangun rumah tingkat.  "Tidak menebang pohon dan menanam pohon kembali pada daerah rawan, menjadi cara masyarakat untuk mencegah banjir," ujarnya. 

Kemudian, mitigasi bencana kebakaran hutan bisa dilakukan dengan cara menyosialisasikan bahaya pembakaran hutan. Namun, sosialisasinya tidak cukup. Deny mengatakan masyarakat juga harus terus diajak berpartisipasi aktif menjaga hutan. 

"Misalnya ketika membangun tanggul, dan juga diajak menanam pohon. Mungkin karena sejauh ini tak diajak aktif, jadi mereka belum sadar," ungkap Deny.

Peneliti LIPI lainnya, Intan Adhi Perdana Putri menambahkan, pencegahan dampak bencana harus dimulai dari individu. Menurut dia, selama ini pencegahan sekaligus penanganan bencana kadung melekat sebagai kewajiban pemerintah.

"Itu yang membuat beberapa orang tidak siap menghadapi bencana dan mencegahnya. Akhirnya masyarakat kewalahan menyelamatkan diri dan barang mereka masing-masing," kata Intan.


(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi