Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

6 Desa di Kecamatan Sumur Masih Terisolasi

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Dhika Kusuma Winata • 25 Desember 2018 16:52
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan enam desa di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, masih terisolasi. Enam desa tersebut ialah Cigorondong, Kertajaya, Sumberjaya, Tunggajaya, Ujungjaya dan Kertamukti.

"Hanya satu desa di Kecamatan Sumur yang bisa diakses tim gabungan yakni Desa Tamanjaya. Keenam desa lainnya di kecamatan tersebut masih terisolasi dan membutuhkan bantuan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa, 25 Desember 2018.

Sutopo menjelaskan fokus BNPB bersama tim gabungan Basarnas, TNI, dan Polri saat ini masih pada evakuasi dan pencarian korban. Pasalnya, diduga masih banyak korban yang belum ditemukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Korban Tsunami Banyak karena Tak Ada Peringatan Dini Berdasarkan data sementara per Selasa, 25 Desember 2018 pukul 13.00 WIB, korban meninggal terus meningkat tercatat sebanyak 429 orang dan 514 orang dinyatakan hilang.

Selain itu, BNPB juga fokus pada penanganan korban luka-luka, penanganan pengungsi serta perbaikan darurat sarana dan prasarana umum yang rusak akibat tsunami. Terdata sebanyak 1.485 orang luka-luka dan 16.082 orang mengungsi.

"Evakuasi dan pencarian korban dilakukan melalui jalur darat. Juga dilakukan melalui operasi laut TNI AL dengan kapal mencari korban yang hanyut di laut," ujar Sutopo.

Operasi laut juga dilakukan untuk mendistribusikan bantuan terutama untuk daerah yang sulit dijangkau.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi