Presiden Joko Widodo meminta upaya tanggap darurat terhadap korban tsunami di Selat Sunda dilakukan secara cepat. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Presiden Joko Widodo meminta upaya tanggap darurat terhadap korban tsunami di Selat Sunda dilakukan secara cepat. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jokowi Minta Tanggap Darurat Dikerjakan dengan Cepat

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Desember 2018 11:12
Tana Toraja: Presiden Joko Widodo meminta upaya tanggap darurat terhadap korban tsunami di Selat Sunda dilakukan secara cepat. Diketahui, tsunami di Selat Sunda terjadi pada Sabtu malam, 22 Desember 2018.
 
"Intinya kita ingin ada tanggap darurat ini dikerjakan di lapangan dengan cepat dan sebaik-baiknya," ujar Jokowi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 Desember 2018.
 
Bencana tsunami ini mengagetkan sejumlah masyarakat di Banten dan sekitarnya. Khususnya mereka yang tengah berada di daerah pantai. Pasalnya, sebelum tsunami menerjang, tak ada peringatan apapun dari pihak terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: 43 Orang Tewas Diterjang Tsunami Selat Sunda
 
Masalah peringatan dini itu juga dikeluhkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun, Jokowi enggan menanggapi masalah tersebut. "Itu tanya BNPB," ucap dia.
 
Hingga saat ini, BNPB mencatat sebanyak 43 orang tewas, 584 orang luka-luka, dua orang hilang, dan ratusan rumah rusak berat akibat terjangan tsunami. Korban terbayak ada di Pandeglang, Banten.
 

 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi