Polri-AS Tingkatkan Kerja Sama Penegakan Hukum

Sunnaholomi Halakrispen 20 November 2018 08:36 WIB
polri
Polri-AS Tingkatkan Kerja Sama Penegakan Hukum
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) dengan Wakil Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) (kanan). Dok. Polri
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian bertemu Wakil Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Rod J. Rosenstein guna membahas peningkatan kerja sama di bidang penegakan hukum. Pertemuan terjadi di sela agenda Sidang Umum Interpol ke-87 di Dubai, Uni Emirat Arab. 

"Kerja sama bidang penegakan hukum antara Polri dan pemerintah AS selama ini dinilai terselenggara dengan sangat baik," kata Tito melalui keterangan tertulis, Selasa, 20 November 2018.

Tito menyebut, Rosenstein menyampaikan kalau kerja sama selama ini dengan kepolisian dirasakan sangat strategis. Rosesteun mengaku berharap agar kerja sama dengan Polri dapat terus terjalin.


Menurut Tito, kerja sama yang paling menonjol dengan AS ini yakni di bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Kerja sama ini diwujudkan dengan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan kepada personel Polri.

"Hal tersebut telah memberikan manfaat besar dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel Polri dalam melaksanakan penegakan hukum," tuturnya.


Dokumentasi Polri


Tito sepakat melanjutkan peningkatan kerja sama dengan AS. Kerja sama ini dinilai penting, sebab Indonesia harus menghadapi perkembangan berbagai kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi, bahkan terjadi secara lintas batas negara atau transnational crime. 

"Seperti berbagai bentuk kejahatan siber serta kejahatan ekonomi dan keuangan lintas negara," pungkasnya.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id