Ilustrasi--Petugas memeriksa bak penampungan air dirumah salah satu warga saat program pemberantasan sarang nyamuk (PSN). (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi--Petugas memeriksa bak penampungan air dirumah salah satu warga saat program pemberantasan sarang nyamuk (PSN). (Foto: MI/Ramdani)

Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Maksimalkan PSN

Nasional demam berdarah
Theofilus Ifan Sucipto • 05 Februari 2019 11:34
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat memaksimalkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal ini untuk mencegah virus demam berdarah dengue (DBD).
 
"Cara yang paling efektif adalah PSN," kata Direktur Jenderal Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono melalui keterangan resminya, Selasa, 5 Februari 2019.
 
Selain itu Anung mengimbau masyarakat melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, serta memberantas jentik nyamuk di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk seperti tidur dengan memasang kelambu, menggunakan lotion pengusir nyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk," imbuh Anung.
 
Baca: Kasus DBD Kian Meningkat, Kemenkes Imbau Masyarakat Maksimalkan PSN
 
Banyaknya masyarakat yang terjangkit DBD berpotensi menjadikan virus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB). Namun, Kemenkes mengaku sudah menyiapkan mekanisme dan sistem yang baik dalam menghadapi kejadian luar biasa (KLB). "Tapi kita berharap agar KLB sama sekali tidak terjadi," pungkas Anung.
 
Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terus bertambah. Secara nasional, jumlah kasus hingga tanggal 3 Februari 2019 adalah sebanyak 16.692 kasus dengan 169 orang meninggal dunia. Kasus terbanyak ada di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, dan Kupang.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif