Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Pulihkan Sektor Wisata, Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura Dibuka

Theofilus Ifan Sucipto • 26 Januari 2022 14:48
Jakarta: Pemerintah membuka travel bubble di tiga kawasan, yakni Batam, Bintan, dan Singapura. Pembukaan itu merespons dibukanya kembali sektor pariwisata yang produktif dan aman covid-19.
 
Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura di Masa Pandemi Covid-19.
 
“Alasan pembukaan kedatangan wisatawan asal Singapura ke Batam dan Bintan semata-mata untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Rabu, 26 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiku mengatakan mekanisme travel bubble bakal memisahkan pendatang yang memiliki risiko terpapar covid-19 dengan masyarakat umum. Hal itu dibarengi pembatasan interaksi hanya kepada orang di dalam satu kelompok atau bubble yang sama.
 
“Serta penerapan prinsip karantina untuk meminimalkan risiko penyebaran covid-19,” papar dia.
 
Wiku menegaskan pemerintah menjamin penyelenggara wisata siap secara infrastruktur dan sistem untuk menyambut wisatawan. Termasuk mekanisme protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan maupun karyawan yang bertugas.
 
Sementara itu, Wiku meminta kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang menyelenggarakan fungsi terkait travel bubble merespons SE tersebut. Caranya dengan menerbitkan instrumen hukum yang selaras.
 
“Tidak bertentangan dengan mengacu pada SE ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur dia.
 
Baca: Wisman Singapura di Bintan, Kepri Wajib Kantongi Asuransi Kesehatan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif