Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Belum Ada Laporan Varian Delta Penyebab Lonjakan Covid-19 di Indonesia

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Pengidap Covid-19
Nur Azizah • 11 Juni 2021 19:31
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memastikan belum ada laporan varian Delta atau 1617 dalam kasus covid-19 di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kenaikan kasus dipengaruhi libur Lebaran 1442 Hijrah.
 
"Kenaikan kasus ini terutama dipicu kegiatan Ramadan dan Idulfitri. Seperti sejarahnya tahun lalu. Mengenai varian baru di berbagai daerah, sampai sekarang belum terbukti," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito secara virtual, Jakarta, Jumat, 11 Juni 2021.
 
Wiku menegaskan belum ada hasil penelitian yang menyebutkan kenaikan kasus di sejumlah daerah karena varian Delta. Varian ini yang menyebabkan tsunami covid-19 di India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penelitiannya tentang itu belum bisa membuktikan bahwa ada hubungan langsung peningkatan kasus disebabkan varian baru," ucapnya.
 
Namun, Wiku tak menampik bila varian itu memang sudah masuk ke Indonesia.  "Varian baru memang ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, kasus juga meningkat, tapi yang terlihat sejauh ini karena aktivitas lebaran dan Idulfitri," ucap Wiku.
 
Baca: Penerima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama Capai 19,6 Juta Orang
 
Per hari ini kasus harian covid-19 bertambah 8.083. Total pasien positif mencapai 1.894.025 orang.
 
Penambahan kasus ini berdasarkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) dan tes cepat molekuler (TCM). Kasus sembuh bertambah 6.230 orang.
 
Total kasus sembuh menjadi 1.735.144 orang. Kasus meninggal bertambah 193 orang dan total kasus meninggal menjadi 52.566 orang
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif