Ilustrasi Gedung DPR. ANT/Yudhi Mahatma.
Ilustrasi Gedung DPR. ANT/Yudhi Mahatma.

2.000 Mahasiswa Berniat Mendemo DPR

Nasional demo massa
Siti Yona Hukmana • 23 September 2019 10:45
Jakarta: Polda Metro Jaya menerima surat pemberitahuan unjuk rasa di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat. Sebanyak 2 ribu mahasiswa berdemonstrasi menolak Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).
 
"Dua ribu mahasiswa itu perwakilan mahasiswa dari sejumlah wilayah di Indonesia," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Senin, 23 September 2019.
 
Polda Metro Jaya menyiagakan sejumlah personel di lokasi demonstrasi. Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada 5.500 personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP," ungkap Argo.
 
Argo menyebut belum ada rencana rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR, Senayan. Rekayasa akan dilakukan sesuai situasi di lapangan.
 
DPR sedianya mengesahkan RKUHP dalam rapat paripurna pemungkas periode 2014-2019, Selasa, 24 September 2019. Aturan baru itu pun bakal menggantikan KUHP peninggalan pemerintahan Hindia Belanda.
 
Namun, dalam prosesnya, RKUHP menimbulkan pro-kontra. Sejumlah poin RKHUP dinilai sebagai pasal karet. Presiden Joko Widodo memutuskan menunda pengesahan RKUHP.
 
Jokowi mengaku mendengarkan masukan berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi RKUHP. Dia memerintahkan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif